Fakultas Ilmu Komputer UMRI

Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) Universitas Muhammadiyah Riau berdiri sejak tahun 2008 seiring dengan berdirinya Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Fasilkom bertekat untuk menghasilkan ulusan yang unggul dan ahli di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi dimana saat ini sangat dibutuhkan seiring berkembangnya teknologi dan kebutuhan masyarakat terhadap teknologi.

Di Fasilkom sendiri terdapat 2 program studi yaitu Teknik Informatika – S1 dan Sistem Informasi – S1. dirangkum dari Profil masing masing program studi, berikut kompetensi lulusan untuk tiap program studi.

Kompetensi dan kemampuan lulusan program studi teknik informatika Universitas Muhammadiyah Riau diantaranya :

1. Memiliki kemampuan bidang Network Analyst, Cloud, Network Security Engineer, Data Communication.
2. Memiliki keahlian dalam Software Engineering terutama dalam aspek : Web Engineering, Mobile Application Engineering, Analisis Sistem, Administrasi Database.
3. Mampu menemukan, mengumpulkan, mengamankan, menganalisis, menginterpretasi dan mempresentasikan barang bukti digital yang terkait dengan kasus yang terjadi untuk kepentingan rekontruksi kejadian serta keapsahan proses peradilan.

Kompetensi dan kemampuan lulusan program studi sistem informasi Universitas Muhammadiyah Riau adalah :

1. Mampu mendesain kebutuhan sistem informasi bagi organisasi bisnis, seperti mendeskripsikan solusi sistem informasi berupa kebutuhan hardware dan software. Dalam penerapannya, lulusan menguasai salah satu tools untuk solution architect degree seperti TOGAF.

2. Mampu memahami proses bisnis dan menerjemarhkan ke dalam rancangan sistem informasi, mampu sebagai penghubung antara system owner, programmer, user, database administrator, network administrator dan seluruh bagian yang terlibat dalam pengembangan sistem, mampu menguasai tools perancangan sistem, seperti data flow diagram, unified modeling language, entity relationship diagram.

3. Mampu menyusun tim terkait pemilihan SDM yang berkompeten untuk tugas dan tanggung jawab, estimasi waktu dan biaya dalam proyek SI. Memiliki keterampilan problem solving dalam pengembangan sistem informasi.

4. Mampu merancang dan menerapkan database management systems, seperti Mysql, oracle dan lainnya dalam pengembangan sistem informasi.

5. Mampu membaca dan menerjemahkan rancangan sistem ke dalam sebuah aplikasi dan ahli dalam bahasa pemograman web, mobile dan desktop application.

6. Mampu menyusun kerangka kerja audit sistem informasi dan mampu melaksanakan audit sistem informasi. selain itu, mampu menjadi trainer audit sistem informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *