Review Huawei Mate 40 Pro: Kamera Terbaik yang Tak Mengecewakan

Di akhir tahun 2020 ini, Huawei Indonesia meluncurkan ponsel Huawei Mate 40 Pro. Mate adalah seri flagship Huawei yang mengedepankan ukuran layar besar dan komponen dengan teknologi yang mutakhir.

Desain

Secara desain, Huawei Mate ini cukup besar. Layarnya bergaya waterfall yaitu melebar sampai ke sisi ponsel.

Sehingga terkesan lebih luas dibandingkan dengan ponsel dengan layar standar biasa. Sepertinya desain seperti ini adalah tren sebagian besar ponsel flagship di tahun 2020.

Huawei Mate 20 Pro yang hadir di Indonesia hanya berwarna mystic silver. Bahannya ini sangat menarik karena jika terkena cahaya, pantulan warnanya akan berubah-ubah seperti hologram, memberikan kesan yang futuristik dan mewah.

review Huawei Mate 40 Pro

Kamera Utama

Modul kamera ponsel ini disusun di dalam lingkaran dan di tengahnya tertulis Leica, sebuah merek pabrikan kamera ternama yang bekerjasama dengan Huawei sejak tahun 2016 yang lalu.

review Huawei Mate 40 Pro

Kalau diperhatikan dari spesifikasi kamera utama, Huawei menggunakan sensor yang sangat besar untuk kelas ponsel yaitu 1/1.28 inci, yang artinya hampir sama dengan kamera compact premium. Arsitektur sensor ini agak unik, yaitu menggunakan filter warna RYYB (Red Yellow Yellow Blue) bukan RGGB (Red Green Green Blue) seperti filter Bayer biasa.

RYYB sudah mulai dipakai di seri P30 dan membuat kemampuan kamera ini lebih unggul di kondisi gelap karena warna kuning (yellow) menyerap lebih banyak cahaya daripada hijau.

Memang, hal ini ada resikonya yaitu warna-warna tertentu mungkin akan shift/tidak natural, tapi Huawei menggunakan algoritma software yang rumit untuk membuat warnanya terlihat normal. Kamera utama ini cukup lebar yaitu 23mm dengan resolusi 50mm dan bukaan f/1.9.

Pilihan photo style di Huawei Mate ini cukup banyak, berawal dari Leica Standard, Vivid dan Smooth, kini bertambah banyak misalnya ada style hitam putih kontras tinggi (Impac) dan gaya foto menyerupai film jadul seperti Valencia dan Nostalgia.

Saat menguji performa kamera ini, saya suka menggunakan mode B&W kontras tinggi, terutama saat dipadukan dengan lensa telefotonya terutama untuk subjek yang jauh.

review Huawei Mate 40 Pro
review Huawei Mate 40 Pro
review Huawei Mate 40 Pro

Lensa Ultra-wide & Telefoto

Selain kamera utama, ada dua modul lensa yang bisa digunakan yaitu modul telefoto dan ultrawide. Secara tradisi, sulit memasang lensa telefoto di kamera ponsel, karena desain ponsel yang pipih, maka itu kebanyakan kamera ponsel sekarang menggunakan teknologi periscope yang desain lensanya menyamping tidak menonjol keluar.

Ponsel kamera zaman sekarang biasanya banyak yang memiliki modul ultra wide angle (18mm). di Huawei Mate 40 Pro ini, modulnya lebih spesial karena resolusinya cukup besar yaitu 20MP, bukaannya besar juga f/1.8 dan sensor juga relatif besar. Untuk kondisi cahaya yang tidak terlalu gelap masih mampu menangkap detail dengan sangat baik.

review Huawei Mate 40 Pro
review Huawei Mate 40 Pro

Kelebihan Huawei Mate 40 Pro

Salah satu kehandalan kamera Huawei Mate 40 Pro ini adalah saat menghadapi kondisi pencahayaan kontras tinggi, misalnya saat cahaya di langit dan bumi tidak seimbang, atau saat memotret di interior.

Misalnya saat saya memotret di kondisi backlight, kamera secara otomatis menerangi bagian yang gelap sehingga tetap terang dengan detail dan ketajaman yang terjaga dengan baik. Demikian juga saat saya memotret di dalam ruangan, cahaya di luar ruangan terlihat terjaga, tidak over exposure/terlalu terang.

review Huawei Mate 40 Proreview Huawei Mate 40 Pro. Foto: Dok. Enche Tjin

Kemampuan menyeimbangkan kontras ini juga berlaku di kondisi yang sangat gelap, contohnya di malam hari di kondisi pencahayaan yang sangat sulit yaitu lampu toko/jalan yang terang berpadu dengan kondisi subjek yang gelap. Dengan Night mode, dimana kita harus menahan (tidak menggerakan ponsel) selama beberapa detik.

Hasilnya sangat mengejutkan karena kamera ponsel ini dapat menyeimbangkan perbedaan cahaya yang besar, dan jika menggunakan kamera digital pun harus menguasai teknik bracketing atau HDR dan tripod untuk mendapatkan hasil yang serupa.

review Huawei Mate 40 Pro
review Huawei Mate 40 Pro
review Huawei Mate 40 Pro

Untuk foto efek latar belakang blur, ponsel Huawei kini juga sudah bisa mensimulasikan latar belakang blur, pengguna dapat memilih dari f/0.95 (paling blur). Hasil fotonya terlihat sangat baik dan cukup alami baik di kondisi terang ataupun gelap.

Warna yang dihasilkan terasa lebih netral, sepertinya White Balance kamera lebih memprioritaskan warna sebenarnya, tidak terlalu terpengaruh dengan warna ambient seperti sorotan lampu kuning.

review Huawei Mate 40 Pro
review Huawei Mate 40 Pro

Huawei Mobile Services

Mungkin yang menahan Huawei merajai pasar ponsel di Indonesia adalah absennya Google Mobile Services dalam ponselnya. Akibatnya tidak ada Play Store dan beberapa Apps dari Google seperti Gmail, Google search, Map dan Youtube.

Tapi sebagai gantinya, Mate 40 Pro menggunakan Huawei Mobile Services (HMS). HMS ini menyertakan Huawei App Gallery sebagai pengganti Google Play store. Selain itu tersedia Petal untuk mencari dan menginstall berbagai aplikasi dari penyedia pihak ketiga.

review Huawei Mate 40 Pro

Kesimpulan

Huawei Mate P40 Pro ini cocok digunakan oleh para penggemar fotografi yang kadang juga merekam video untuk media sosial dan butuh perangkat ponsel dengan performa yang tinggi untuk berbagai kebutuhan lainnya. Memang, kendala utama pengguna adalah akan sedikit repot karena tidak adanya Google Play store dan aplikasi Google lainnya built-in.

Tapi Huawei memberikan solusi dengan menghadirkan Huawei AppGallery dan Petal untuk menginstal aplikasi.

Kualitas gambar ponsel Huawei Mate 40 sendiri ditentukan oleh dua hal, ukuran sensor yang besar dengan chipset 5nm yang mutakhir. Tidak heran bahwa kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik.

Dari tahun ke tahun Huawei selalu membuat ponsel dengan kamera yang canggih. Mate 40 Pro tidak mengecewakan dan merupakan kamera ponsel yang terbaik yang pernah saya uji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *