Skor AnTuTu MacBook Air M1 Tembus Sejuta

MacBook Air anyar yang menggunakan chip Apple M1 dites memakai software AnTuTu v8, dan skor yang didapatnya lebih dari sejuta.

Aplikasi yang dipakai itu adalah AnTuTu v8 versi iOS, yang memang bisa berjalan secara native di produk yang memakai M1. Namun uniknya, MacBook Air tersebut dikenal sebagai iPad Pro dengan iOS 14.2 selama tes, dan mendapat skor 1.119.243.

AnTuTu MacBook Air

Namun meski namanya sama, skor antara MacBook Air dan iPad Pro terpaut sangat jauh. iPad Pro keluaran 2020 menggunakan chip A12Z yang dibuat dengan pabrikasi 7nm.

Skor MacBook Air tersebut 50% lebih tinggi di sektor CPU, 45% lebih tinggi di sektor GPU, dan juga lebih kencang di sektor memori. Namun ini bukan berarti A12Z adalah chip yang lambat.

Sebabnya, A12Z yang berbasis dari A12 ini adalah chip Apple yang paling kencang sebelum M1 dirilis. Bahkan lebih kencang ketimbang A14 yang dipakai di iPhone 12. Padahal A14 juga dibuat memakai pabrikasi 5nm, sama seperti M1.

Tampaknya tenaga dari A14 tak bisa dimaksimalkan karena memang chip tersebut dipakai di perangkat yang bodinya lebih kecil, dan juga baterai lebih kecil. Sehingga performanya dibatasi oleh penggunaan daya.

Selain itu, A14 untuk iPhone tersebut hanya punya konfigurasi core CPU 2+4, sementara M1 punya konfigurasi 4+4. Begitu juga juga core GPU-nya yang hanya setengah dibanding M1.

Source : https://inet.detik.com/consumer/d-5269298/skor-antutu-macbook-air-m1-tembus-sejuta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *