Cara Konfigurasi Wireless router pada Cisco Packet Tracer

Cara Konfigurasi Wireless router pada Cisco Packet Tracer

Assalamualaikum wr wb.

A.Pengertian

  Cisco Systems Inc. NASDAQ: CSCO SEHK: 4333 merupakan perusahaan global dalam bidang telekomunikasi yang bermarkas di San José, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1984. Perusahaan ini mempekerjakan 51.480 pekerja.

B.Latar Belakang

  Pada kali ini adalah bagai mana cara konfigurasi Wireless Hotspot pada cisco packet tracer dengan menggunakan hub-PT dan wireless router pada cisco packet tracer.

C.Maksud dan Tujuan

  Maksudnya adalah konfigurasi wireless router pada cisco packet tracer, agar laptop client dapat terkoneksi tanpa harus menggunakan kabel.

D.Alat dan bahan

  •  sebuah komputer yang sudah terinstall cisco packet tracer. 

E.Langkah Langkah

1.pertama kita buat topologi seperti dibawah ini.


Diatas adalah perangkat dan topologi yang akan saya gunakan

2.Pertama kita masukkan IP address pada PC0. IP yang saya gunakan 192.168.0.2 subnet mask 255.255.255.0 gateway 192.168.1.1

3.Kemudian kita berlanjut setting wireless router. karena pada pc0 IP address 192.168.0.2 maka pada DHCP pada wireless router kita isi 192.168.0.3

4.Jika IP address sudah di isi langsung kita “save setting”. Setelah setting DHCP kita buat SSID wireless (biasanya disebut hotsppot) untuk nama SSID silahkan masukkan bebas sesuai dengan keinginan anda, jika sudah selesai langsung “save setting”.

5.Kemudian kita masuk ke wireless security untuk menambahkan keamanan atau password pada wifi kita agar tidak sembarangan orang dapat masuk dalam jaringan.

6.Setelah itu kita ganti port pada laptop dengan wireless pemancar signyal(NB: sebelum mengganti port pastikan laptop pada cisco packet tracer sudah mati). Contoh yang saya gunakan adalah WPC300N jika sudah nyalakan kembali laptop yang ada pada cisco packet tracer.


7.Sekarang kita coba untuk menghubungkan laptop dengan wireless router. pertama kita masuk ke desktop pada laptop.

8.Kemudian klik “PC Wireless” maka tampilan akan seperti pada gambar dibawah ini.


8.Kemudian kita klik Connect seperti pada gambar dibawah ini. Tunggu sampai hotspot keluar. jika sudah keluar langsung klik connect.

9.Kemudian kita masukkan password yang telah kita buat pada wireless router tadi.
10.jika sudah connect maka IP address pada laptop akan tersetting secara automatis karena pada wireless router sudah tersetting DHCP.

11.Untuk mencobanya sekarang coba kita ping laptop dengan PC dan laptop 1 dengan laptop lainnya. dan hasilnya bisa kalian lihat di gambar dibawah ini. di pojok kanan bawah tertulis successful.

F.Hasil dan Kesimpulan
  Hasilnya kita telah berhasil setting wireless router pada cisco packet tracer. jadi kita dapat masuk dallam jaringan tanpa menggunakan kabel meskipun harus dengan menggunakan wireless router. sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

GReferensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Cisco_Systems

Wassalamualaikum wr wb.

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *